Cara Mendaftar Google Business

Dengan perkembangan Google, sebuah bisnis sekarang tidak hanya harus memastikan bahwa mereka muncul di halaman pertama dan mendapat ranking pertama di Google. Google sendiri sudah menyiapkan sebuah produk yang disebut Google Bisnisku untuk membantu bisnis mendapat lebih banyak visibilitas di halaman hasil pencarian.

Di artikel ini, kami akan membahas apa itu Cara Mendaftar Google Business, mengapa Anda harus menggunakan Google Bisnisku, dan bagaimana cara mendaftar dan verifikasinya.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku atau mungkin lebih dikenal dengan nama Google My Business adalah sebuah tool yang disediakan oleh Google untuk membantu bisnis mendapat listingan Google secara gratis.  Listingan ini akan muncul saat orang-orang mencari bisnis Anda atau bisnis di bidang yang sama di mesin penelusur dan Google Maps. Google Bisnisku dapat membantu Anda membuat dan mengupdate listingan agar calon pelanggan bisa menemukan bisnis Anda secara online dengan mudah. null

Cara Daftar Google Bisnisku

Sekarang, kami akan membahas bagaimana cara mendaftar Google Bisnis. Untuk memulai, Anda memerlukan akun Google. Jika Anda pernah mendaftar ke layanan Google, maka kemungkinan besar Anda sudah memiliki akun Google. Dengan akun Google, Anda dapat mendaftar ke Gmail, Google+, Drive, Maps, dll.

Sign in ke akun Google Anda, kemudian kunjungi halaman Google Bisnisku, dan klik tombol Mulai Sekarang.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data-data informasi bisnis Anda.

Hal pertama yang akan mereka minta adalah nama bisnis Anda.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi alamat bisnis Anda. Pastikan bahwa ini adalah alamat yang benar. Anda juga bisa memilih untuk menyembunyikan alamat Anda jika memang lokasi Anda bukanlah sebuah toko.

Jika Anda memilih, “Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya” maka Anda akan diminta untuk mengisi data-data berhubungan dengan jasa kirim yang bisnis Anda sediakan.

Anda akan diberikan dua pilihan. Pilihan pertama (yang ada di sebelah kiri) adalah pengiriman langsung di dalam wilayah, kota, atau kode pos. Jika Anda memilih pilihan ini, Anda akan diminta untuk memasukkan wilaya, kota, atau kode pos-nya.

Sementara itu, pilihan kedua adalah pengiriman langsung dalam jarak tertentu dari lokasi bisnis. Disini, Anda tinggal memasukkan batas kilometer pengiriman yang bisnis Anda sediakan.

Setelah itu, mereka juga akan meminta Anda untuk menunjukkan lokasi Anda di Google Maps.

Anda tinggal memindahkan kursor merah yang ada pada Google Maps untuk memilih lokasi tepat bisnis Anda.

Setelah lokasi, Anda akan diminta untuk memilih kategori bisnis Anda dan informasi kontak bisnis Anda.

Setelah itu, Google akan menanyakan apakah Anda ingin mendapat update dari Google Bisnisku. Lalu mereka akan memverifikasi akun Anda.

Setelah Anda klik Lanjutkan pada bagian memverifikasi hubungan Anda dengan bisnis ini, Anda kemudian akan diminta memilih salah satu cara verifikasi. Anda bisa memilih untuk menerima kartu pos melalui surat atau memverifikasi akun Anda di lain hari. Tetapi perlu diingat bahwa profil Anda tidak akan berjalan sampai Anda memverifikasi akun Anda.

Untuk beberapa jenis bisnis, Google Bisnisku juga menawarkan verifikasi melalui phone, email, dan listing. Untuk verifikasi melalui telepon dan email, Google akan langsung mengirimkan kode ke nomor telepon dan email yang Anda sediakan. Anda kemudian tinggal memasukkan kode yang dikirimkan Google.

Untuk verifikasi listing, Anda hanya bisa menggunakan metode ini jika Anda menggunakan Google Search Console. Dengan metode ini, Anda bisa melakukan verifikasi instan. Anda hanya tinggal sign in ke Google Bisnisku dengan akun yang Anda gunakan untuk memverifikasi website Anda di Google Search Console. Tetapi, memang ada beberapa kategori bisnis yang tidak memperbolehkan verifikasi instan.

Sebenarnya, akan lebih ideal lagi jika Anda memiliki email bisnis Anda yang menggunakan domain Anda sendiri. Anda bisa menggunakan produk Google lainnya yaitu G-Suite.

Tetap, jika Anda belum memiliki semua itu, Anda bisa menggunakan akun Gmail Anda dan kemudian lanjutkan untuk menyiapkan profil bisnis Google Bisnisku.

Sign in ke akun Google Anda, kemudian kunjungi halaman Google Bisnisku, dan klik tombol Mulai Sekarang.

Intinya, ketika bisnis Anda muncul di halaman hasil pencarian, ini adalah hal pertama yang dilihat orang. Ada dua hal yang perlu diingat: mendapatkan ulasan dan mengelola ulasan yang diterima.

Tidak hanya menerima review, Anda juga harus menanggapi review. Pastikan Anda merespons semua jenis ulasan, baik itu apresiasi atau kritik. Jika Anda menerima review negatif tentang layanan Anda, pastikan Anda merespons secara hati-hati. Jangan sampai Anda bersikap defensif saat merespons, dan tinggalkan rincian kontak Anda sehingga orang yang meninggalkan review bisa menghubungi Anda untuk mengatasi masalah ini lebih lanjut.

Sumber https://support.google.com/business/answer/6300665?hl=id

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *