Cara Klaim Asuransi Kesehatan Dengan Mudah

Klaim merupakan perbuatan seperti menuntut atas kewaiban atau hak yang tidak terpenuhi. Hal tersebut juga bisa dilakukan ketika asuransi kesehatan yang dimiliki tidak dipenuhi oleh penyelenggara kartu asuransi kesehatan tersebut. berikut ini adalah cara klaim asuransi kesehatan secara mudah.

2 Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Dalam hal ini terdapat dua macam sistem perawatan yaitu sistem rawat inap dan juga rawat jalan. Berikut ini adalah cara klaim asuransi kesehatan ketika rawat inap:

Dokumen

Sebelum melakukan klaim, pasien terlebih dahulu menyiapkan dokumen-dokumen penting sebagai bukti yang kuat dalam mengklaim pihak asuransi kesehatan. Dokumen-dokumen penting tersebut meliputi data diri (KTP,SIM atau paspor), KK, nomor telepon, tanggal lahir, alamat rumah, nomor polis, dokter atau suster serta rumah sakit yang dituju, dan catatan-catatan medis lainnya seperti rujukan rawat inap, penyakit yang dialami.

Pengguna bisa menghubunngi staf atau petugas asuransi kesehatan yang dimiliki.

Menghubungi staf atau pihak asuransi kesehatan tidak juga bisa dilakukan secara langsung saja karena ketika menghubungi harus atau diusahakan sebelum pasien belum melakukan rawat inap tetapi bila keadaannya sudah tidak memungkinkan atau sudah dalam kondisi darurat atau kritis bisa menghungi pihak asuransi kesehatan seminimalnya adalah 2×24 jam setelah dilakukan rawta inap.

Cara lainnya yang paling penting dan juga merupakan poin penting atau merupakan syarat penting dalam melakukan klaim kepada pihak asuransi kesehatan adalah premi atau biaya yan dimiliki pada kartu asuransi kesehatan tersebut masih berlaku atau masih aktif sehingga klaim bisa dilakukan. Apabila kartu sudah tidak aktif maka pasien tidak bisa menggunakannya untuk mengklaim.

Pemilihan rumah sakit

Pasian juga harus memilih rumah sakit yang tidak menolak data atau dokumen pendukung klaim yang akan dilakukan. Dalam hal ini, pasien memang bisa memilih rumah sakit semaunya akan tetapi rumah sakit tersebut harus masuk ke dalam daftar rumah sakit rekana atau provider. Hal ini memang harus dipastikan terlebih dahulu karena rumah sakit rekanan bisa berubah-ubah seiring waktu. Jika ada pertanyaan mengapa harus memilih rumah sakit rekanan? Jawabannya adalah karena rumah sakit rekanan tidak meminta jaminan jadi pasiesn bisa membayar setelah rawat inap tanpa perlu membayar uang di muka.

Cara terakhir yaitu tahap penyelesaian

Setelah sampai di rumah sakit yang dituju, pasien bisa memberikan bukti-bukti seperti identitas kartu asuransi agar ditanggung oleh pihak asuransi kesehatan.

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Cara kedua yaitu rawat jalan. Berbeda dengan rawat inap, rawat jalan mengharuskan pasien memilih rumah sakit yang non-provider sehingga pasien bisa jadi mengeluarkan beberapa jaminan. Selain itu, biaya awal harus ditanggung pasien terlebih dahulu baru kemudian bisa dilakukan pihak yang menanggung atau pihak asuransi akan melakukan setelah keluar dari rumah sakit.

Berikut ini adalah caranya:

  1. Pasien terlebih dahulu mengisi data-data yang ada di formulir yang sudah disediakan. Pastikan mengisi data diri dengan benar dan lengkap sehingga tidak terjadi kesalahan.
  2. Pasien harus mempersiapkan beberapa dokumen seperti laporan yang rinci dari dokter yang merujuk, bukti pembayran biaya perawatan pasian dengan tanda terima atau tanda tangan asli, biaya pengobatan pasien dari dokte ryang merukuk, biaya obat-obatan.
  3. Pengajuan klaim harus secepatnya dilakukan. Hal ini berpengaruh jika asuransi yang digunakan menggunakan sistem  kadaluarsa atau masa tenggang kartu asuransi kesehatan tersebut. sebelum melakukannya, pasien memang harus memastikan bahwa kartu asuransi kesehatannya masih aktif

Itulah beberapa Cara Klaim Asuransi Kesehatan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like